The Importance and Advantages of Data-driven Culture

The Importance and Advantages of Data-driven Culture

Di era teknologi yang berkembang pesat saat ini, data memiliki peran penting dalam mendukung ide maupun gagasan dalam dunia usaha. Akan tetapi masih banyak perusahaan yang tidak menjadikan data sebagai dasar utama dalam pengambilan keputusan. 

Mengapa demikian? Bisa dikatakan bahwa hambatan terbesar untuk menciptakan bisnis berbasis data bukanlah masalah teknologi.  Melainkan bagaimana mengambil keputusan berbasis data menjadi budaya dalam organisasi atau perusahaan. Terdengar sederhana, namun untuk menciptakan budaya tersebut dibutuhkan kerjasama dan komitmen dari semua pihak dan menjadikannya “default mindset”. 

Kenapa Data-driven Culture Penting untuk Organisasi?

  1. Meningkatkan efisiensi operasional. Pada industri Fast-moving Consumer Goods (FMCG), data penjualan dapat dimanfaatkan untuk melihat outlet yang berkinerja buruk dan mempertimbangkan untuk memperbaikinya. 
  2. Merencanakan tujuan bisnis lebih baik menggunakan data dan fakta yang ada, tidak hanya melalui harapan-harapan untuk mengurangi bias pelaku usaha.
  3. Meningkatkan pendapatan bisnis dengan melihat area yang kurang terlayani.

Lalu, apa yang disebut dengan organisasi yang berbasis data? Organisasi tersebut perlu memprioritaskan data dan analitik dalam strategi bisnis, tidak hanya membuat dan menjalankannya, tapi juga perlu menjadi bagian dari nilai-nilai perusahaan itu sendiri. Setelah itu, pola pikir pelaku bisnis dan para karyawan juga perlu diselaraskan dengan nilai yang telah ditetapkan dan diimplementasikan dalam keseharian proses bisnis. 

Sebagai contoh, seperti yang sudah disampaikan di atas, dalam mengambil keputusan perencanaan keuangan tahunan, para manajemen perlu melihat kembali data selama 1 tahun dan menganalisisnya berdasarkan fakta. Data yang mendukung proses ini bisa berasal dari internal maupun sumber eksternal. 

Data-data tersebut menjadi sangat penting untuk keberlangsungan perusahaan, salah satu penggunaan analitik data adalah untuk mengatur strategi marketing dengan mengetahui data customer, penjualan produk, dan pertumbuhan bisnis. 

Analitik data membuat pebisnis lebih update dengan jumlah prospek, rata-rata transaksi harian, dan keuntungan yang diperoleh. Data juga sangat berguna jika perusahaan ingin melakukan ekspansi dan mencari lokasi yang tepat serta strategis. 

Pada intinya, menggunakan analitik data adalah penting bagi perusahaan untuk menghilangkan ketidakpastian bisnis di waktu yang tidak pasti. Perusahaan tidak hanya dapat menyebarkan sumber daya secara strategis dan lebih efektif, tetapi juga memungkinkan mereka untuk mendasarkan keputusan pada statistik dan data.

BVT sebagai perusahaan penyedia perangkat lunak berbasis lokasi, memiliki data yang cukup lengkap dan luas, termasuk 6,8 juta Point of Interest (POI), 300 data tematik dan data dari 138 juta perangkat seluler setiap harinya, yang menunjukan aktivitas penduduk Indonesia. Tidak hanya data yang lengkap, kami juga memvisualisasikannya dengan jelas dan mudah dimengerti. 

Untuk mempelajari lebih dalam mengenai pentingnya data untuk keberlangsungan bisnis, silakan tonton rekaman webinar selengkapnya di bawah ini:

Hubungi sales@bvarta.com untuk informasi lebih lanjut.

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *